BPKP Gelar Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa di Halsel

BPKP Gelar Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa di Halsel


BPKP Gelar Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa di Halsel

Posted: 13 Nov 2018 06:26 PM PST


LABUHA, LELEMUKU.COM – Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia resmi dibuka Bupati Halsel Bahrain Kasuba pada Kamis (8/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati ini, dihadiri Wakil Bupati Iswan Hasjim, Anggota Komisi XI DPR RI DR. Ahmad Hatari, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan (DPK) Daerah Wilayah III Iskandar Novianto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Indra Khaira Jaya, mewakili Kapolda Malut AKBP Masrur, Unsur Forkopimda, Pimpinan SKPD, Para Camat dan Kepala Desa Se- Kabupaten Halsel.

Dalam sambutannya Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa workshop ini merupakan kegiatan yang sangat strategi bagi pembangunan nasional khususnya bagi daerah Halmahera Selatan yang diketahui memiliki rentan kendali yang cukup besar dengan adanya 249 desa di kabupaten Halsel.

"Dengan adanya 249 desa di Halsel, perlu adanya perhatian dari BPKP sehingga dapat mempermudah seluruh akses di Maluku Utara khususnya Halsel," katanya

Bahrain berharap para peserta bisa mengikuti dengan sungguh-sungguh materi workshop yang nantinya dipaparkan pemateri

"Pemerintah daerah juga mendukung program BPKP tersebut," jelasnya

Kemudian DR Ahmad Hatari selaku anggota Komisi XI DPR RI yang juga sebagai narasumber memberikan arahan kepada para kepala desa agar dapat menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya dan penyampaian materi terkait kebijakan serta fokus pemeriksaan keuangan daerah dan desa.

Dilanjutkan pemaparan tentang pengawalan akuntabilitas keuangan desa oleh Iskandar Novianto serta KBP Masrur terkait pengawasan atas pelaksanaan dana desa.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Malut kepada Bupati Halsel, Anggota Komisi XI DPR RI, Mewakili Kapolda Malut dan DPK Wilayah III dan penyerahan plakat dari pemerintah daerah kepada para pemateri workshop. (DiskominfoHalsel)

Iswan Hasjim Tutup Motoprix Open Tournament Saruma Cup Race 2018

Posted: 13 Nov 2018 12:39 PM PST

Iswan Hasjim Tutup Motoprix Open Tournament Saruma Cup Race 2018
LABUHA, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut) Iswan Hasjim pada Minggu (4/11) menutup dengan resmi Motoprix Open Tournament Saruma Cup Race Tahun 2018 yang dilaksanakan di Sirkuit non permanen Jalan Raya Labuha – Tomori.

Acara penutupan ini dihadiri oleh Ketua IMI Provinsi maluku utara Glen Sangaji, Sekertaris IMI Provinsi Malut
Abdurahim Ahmad, Ketua Harian IMI Provinsi Malut H.Jekson D.Briving, Ketua Korwil IMI Halsel Umar H.Soleman, Ketua Panitia Dahrun Kasuba, Forkopimda Halsel, dan para Pimpinan SKPD.

Dalam sambutannya, Iswan Hasjim mengatakan bahwa kejuaraan seperti ini telah diselenggarakan 3 (tiga) kali di Kota Labuha. Setiap pelaksanaanya terlihat sangat tinggi antusias masyarakat untuk menyaksikannya.

"Masyarakat khususnya di Kota Labuha sangat antusias terhadap turnamen balap, ini menunjukam masyarakat kita adalah masyarakat yang dinamis," katanya.

Iswan mengatakan tingginya antusias masyarakat terhadap olahraga ini perlu ada perhatian khusus guna melengkapi segala kekurangan – kekurangan fasilitas sarana olahraga. Menurutnya olahraga balap motor ini perlu lintasan atau sirkuit yang harus dibangun.

"Ditahun 2019 nanti Halsel akan memiliki sirkuit atau lintasan khusus balapan motor permanen dan gelanggang olahraga (GOR) yang telah disetujui oleh DPRD Halsel," ujar Iswan.

Dia menambahkan bahwa pembangunan sudah dimulai ditahun 2018 ini, dan tentunya akan menjawab semua antusias dan respon masyarakat terhadap perkembangan olahraga di Halsel.

Menurutnya dengan adanya turnamen ini dapat menjadikan ajang menggali potensi dan meraih prestasi di bidang otomotif.

"Selama perlombaan kita telah disuguhkan dengan ketangkasan, keuletan, kegigihan, dan skill oleh para pembalap lokal maupun pembalap luar Halsel. Saya berharap agar para pembalap dapat meraih prestasi yang gemilang agar dapat mengharumkan nama pribadi ataupun atas nama daerah masing – masing," ungkapnya

Kejuaraan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti Sebanyak 17 tim se Provinsi Maluku Utara dan dibagi dalam 22 kelas yang dilombakan salah satunya kelas 150 cc 4 Langkah Mix Tune Up Sedded MP1 yang dimenangkan oleh Herman Bass dari Babang Raya Racing Team Kabupaten Halmahera Selatan yang juga memenangkan Kelas

125 cc 4 Langkah Mix Tune Up Sedded MP2 sekaligus Babang Raya Racing Team keluar sebagai juara Umum Kategori Open dan Kategori Lokal dengan total point 75 sesuai surat keputusan Panitia Motoprix Open Tournament Saruma Cup Race 2018. (DiskominfoHalsel)

Bank Pengkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Saruma Sejahtera Halsel Gelar Sosialisasi

Posted: 13 Nov 2018 12:35 PM PST

Bank Pengkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Saruma Sejahtera Halsel Gelar Sosialisasi
LABUHA, LELEMUKU.COM – Bank Pengkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Saruma Sejahtera Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi dan penyampaian laporan kinerja keuangan BPRS Saruma Sejahtera tahun 2018 di Ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (7/11).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sofyan Bachmid, Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Fatma Usman Syah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Marten Puka Puka, Direktur Utama BPRS Saruma Rustam Muchdar serta para pimpinan dan Staf BPRS.

Rustam Muchdar selaku Dirut BPRS Saruma Sejahtera menyampaikan bahwa mereka siap melayani dan bermitra dengan Pemerintah Daerah.

"Daerah memiliki sebanyak 98 persen saham di BPRS jadi pada prinsipnya ini adalah bank milik daerah, milik bapak ibu sekalian", ungkapnya.

Dirinya melanjutkan bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan BPRS Saruma Sejahtera diperlukan kesadaran dari masyarakat Halsel dimulai dari pegawai dalam lingkup Pemda sendiri.

"Terkait honor yang akan dipercayakan kepada kami, Insya Allah pihak BPRS akan amanah dalam menjaga dan mengawal honor dari bapak ibu sekalian" lanjutnya.

Pada kesempatan itu pula, dirinya menjelaskan tentang mekanisme kerja dari BPRS yang mengolah sumber dana yang berasal dari tabungan dan deposito kemudian di pooling dan disalurkan dalam bentuk pembiayaan.

"Untuk jasa-jasa diantaranya wakalah, hiwalah, kafalah dan qardul hasan yang kami dapat adalah biaya administrasi" jelasnya.

Saat ini BPRS sedang mengupayakan agar bisa masuk dalam jaringan ATM bersama untuk memudahkan para nasabah dalam bertransaksi. (DiskominfoHalsel)

Bahrain Kasuba Buka Open Tournament Pemuda Bori Cup

Posted: 13 Nov 2018 12:24 PM PST

Bahrain Kasuba Buka Open Tournament Pemuda Bori Cup
LABUHA, LELEMUKU.COM - Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), H.Bahrain Kasuba membuka Open Tournament Pemuda Bori Cup di Lapangan Desa Bori, Kecamatan Bacan Timur, Senin (12/11).

Turut hadir dalam pembukaan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Halsel H. Nurlela Muhammad, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kapolsek Bacan Timur, Serta Masyarakat Desa Bori.

Mengawali sambutan Bupati Halsel memberikan apresiasi buat Pemuda Desa Bori yang telah menggelar Open Turnamen Pemuda Bori Cup ini .

"Semoga dengan Open Turnamen ini bisa mempererat hubungan silaturahmi yang dimana terdapat kesenjangan di Desa Bori tersebut," Pungkasnya.

Dirinya berharap agar Seluruh penonton dapat memberikan dukungan kepada timnya masing-masing dengan menjunjung tinggi sportivitas tanpa ada kekerasan dan hal-hal yang bisa merusak sendi-sendi persatuan yang terkandung dalam semangat sportiitas itu sendiri.

Dengan kesempatan yang sama pula, Kepala Desa Bori Meksen Miskin dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemuda Desa Bori yang telah melaksanakan Turnamen ini dengan tujuan bagaimana melakukan sebuah rekonsiliasi karna terjadi kesenjangan di Desa Bori.

"Kami berharap agar bagaimana kita di persatukan kembali dalam sebuah komitmen untuk kemajuan Desa Bori dan Halsel secara umum," kata Kasuba.

Sebagai Pemerintah Desa kami himbaukan kepada seluruh Masyarakat Desa Bori agar mulai hari ini dan seterusnya sepanjang perjalanan pertandingan berlangsung dan tentunya kita pasti kedatangan banyak tamu dari luar baik penonton maupun pemain.

"Untuk itu mari kita menyambut mereka dengan sikap yang baik sehingga sepanjang turnamen ini berlangsung tidak ada sesuatu yang mengganggu keamanan dan ketertiban dalam proses pertandingan berlangsung," harapnya.

Sementara itu, Muslim Rahyan selaku Ketua Panitia Open Tournament Pemuda Bori Cup saat di wawancarai menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti pertandingan ini sebanyak 58 tim dari beberapa kecamatan mulai dari Bacan Timur, Bacan Timur Tengah sampai Bacan Timur Selatan dengan tujuan untuk memberikan salah satu kearifan lokal dalam hal ini sepak bola di Desa Bori pada khususnya dan Haksel pada umumnya.

"Semoga dengan pertandingan ini pemuda bisa mengembangkan minat dan bakat untuk kemajuan Desa Bori kedepannya," harap Rahyan.(DiskominfoHalsel)
BPKP Gelar Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa di Halsel BPKP Gelar Workshop Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa di Halsel Reviewed by Redaksional on 4:22 AM Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.